Waspadai Penipuan Berkedok Online Shop



Penipuan Berkedok Online Shop

Ketiga sedang berkumpul dengan teman lama saya beberapa waktu yang lalu, ada salah seorang teman saya yang bercerita bahwa dirinya menjadi korban  penipuan.

Ternyata dia menjadi korban penipuan melalui online shop. Online shop tersebut menjual gadget dari berbagai merek. Karena tergiur dengan harga yang miring, akhirnya dia memutuskan untuk membeli. Setelah uang ditransfer, penjual mengatakan barang akan sampai dalam waktu dua hari, tapi kenyataannya setelah dua hari barang tidak kunjung datang. Bahkan si penjual pun tidak bisa dihubungi. Di sms tidak di balas, bahkan jika ditelpon, telpon tersebut diangkat tetapi hanya didiamkan saja (tidak bersuara) kurang ajar bukan?.

Saya juga heran kenapa teman saya bisa begitu percaya dengan si penjual tersebut. Kata teman saya, dia tertarik karena didalam situs si penjual terdapat testimoni dari pembeli.
Padahal testimoni itu bisa saja fake testimoni / testimoni palsu buatan si penjual.

Hikmah yang dapat diambil dari kejadian tersebut :
  • Jika mau membeli barang secara online, cari tahu dulu mengenai si penjual, apakah memang bisa dipercaya (recommended seller) atau tidak
  • Jangan mudah tergiur dengan harga yang murah
  • Jika mau lebih aman, gunakan jasa rekber (rekening bersama)
  • Ajak ketemu langsung / COD (cash on delivery) jika si penjual masih dalam satu kota
Semoga kejadian yang dialami teman saya ini bisa menjadi pelajaran untuk kita semua agar selalu waspada dalam berbelanja.

Berikut ini tampilan dari situs si penipu tersebut.

Ingat! Jangan sekali-sekali membeli barang melalui situs itu.




Responses

0 Respones to "Waspadai Penipuan Berkedok Online Shop"

Posting Komentar

 
Return to top of page Copyright © 2012 | Anugrah's Blog